BLUES GITAR UNTUK PEMULA – BAGIAN 2

|

Mempelajari Blues dari dasar di sini dalam pelajaran blues Michael Longs
Ditulis oleh Axeface - added the 8/30/2000
Diterjemahkan oleh hk, 20-sep-2002


Ini adalah artikel ke-dua dalam seri “Blues untuk Pemula”. Artikel pertama membahas blues sangat mendasar – progresi 12 bar dan info lainnya. Jika kamu belum tahu bahan-bahan tersebut, mengaculah pada artikel pertama. Disini, kita akan membahas hal-hal berikut:

* kunci yang berbeda pada progresi
* chord-chord baru dan fingering
* memulai solo

OK – kita telah melihat E major Blues 12 Bar. Kunci standard yang manis untuk dimulai. Cobalah kunci A Major (A – D – E7) dan lakukan percobaan dengan kunci yang lain – coba dan dengar suara yang kamu inginkan. Di bawah ini kunci major dan minor, dan minor relative masing-masing. (Nanti saya tulis chart chord yang mantap beserta chordnya, dan chord alternative (alt.), agar kamu bisa memainkan semuanya):

(jika diagram dibubuhi ‘b’ setelahnya, berarti flat (mol). Contoh ‘Bb’ artinya ‘B mol’. A “#” artinya cross(kres). Contoh “F#7’ artinya ‘F kres 7’)



Saya harap ini bisa bermanfaat – cetak dan simpan dengan baik, dan kamu akan menemukan kegunaannya saat ber jam session dengan teman-teman. Mainkan saja sekitar chord-chord di atas, dan lihat kamu pun bisa membuatnya sendiri. Kamu akan terkejut dengan kombinasi yang kamu buat sendiri.

Pada artikel sebelumnya, kita menggunkan progresi chord yang sangat sederhana. Progresi lain yang mesti dicoba di bawah ini. Ini lebih mirip dengan Led Zep “Rock & Roll”. (A Major)



kemudian bagian D (satu kali), kemudian kembali ke bagian A (satu kali), dan diakhiri ke bagian E sekali lagi, atau mainkan chord E9 (076777). (NB: chord 9th ini dapat dipindah-pindah, jadi seperti kamu memindah tonic (string ‘A’) naik atau turun, chordnya berubah apabila posisi nada, sedikit saja diubah)

Cobalah memainkannya beberapa kali...maaf tab nya nggak terlalu bagus, tapi – cukup kan? Mainkan hingga terdengar enak, dan kemudian cobalah membuat lebih dari sekedar di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 DUNIA DALAM TEKNOLOGI | Template Blue by TNB