“FACEBOOK SEBAGAI STRATEGI MARKETING”

|

Facebook, jejaring sosial yang merubah dunia. Dalam halnya melakukan hubungan interpersonal sampai dengan kelompok dapat kita temukan di facebook. Dengan adanya fasilitas baru yang dulu belum ada yaitu shared tentang apa yang anda pikirkan. Dimana kita bisa memberitakan apa yang telah kita rasakan dan kita ingin publikasikan ke teman teman kita secara up to date dan juga dapat dikomentari. Dalam bahasa sehari hari biasa kita sebut dengan nama “status facebook”. Bukan hanya sampai disitu, dalam status facebookpun banyak sekali suatu gengsi ataupun trend yang berkembang. Diantaranya adalah banyaknya orang yang komen dibawah status facebook, dan juga ada yang sekedar memberikan jempolnya atau biasa disebut dengan nge-like.
Dalam sisi itu saja facebook mampu membuat trend baru dikalangan anak muda pada pertamanya. Dan lambat laun facebook mulai diperbaruhi dengan banyaknya fasilitas maka bukan hanya menjadi trend anak muda saja, para orang tua juga mulai memakainya. Dengan fasilitas yang semakin menjadi, facebook pun dijadikan suatu tempat untuk berbagai macam kebutuhan. Dari sekedar mencari pertemanan, melakukan publikasi, sampai melakukan perdagangan. Dan dibawah ini saya akan meberikan sedikit informasi tentang facebook yang digunakan untuk tampat mencari uang dalam bidang perdagangan.
Suatu strategi marketing yang dilakukan banyak orang untuk memasarkan barangnya dengan menggunakan perkembangan teknologi komunikasi masa kini. Facebook, telah menjadi lapak baru bagi para pencari uang yang menggunakan jasanya. Gratis, mudah dan menembus batas. Mungkin itu yang mereka pikirkan dalam suatu konsep marketing mereka ketika mereka memulai bisnisnya dalam penggunaan facebook. Walaupun banyak juga yang salah kaprah dan menyalahgunakan kemudahan itu untuk hal hal yang kurang terpuji seperti menipu.
Kita lupakan sejenak hal itu, kembali lagi pada jalur yang positif tentang pemanfaatan facebook dalam perdagangan. Suatu dampak yang sangat mempengaruhi strategi pemasaran yang mulanya hanya biasa biasa saja. Sejak perkembangan teknologi semakin gencar, dari surat kabar, radio, televisi, bahkan internet para pencari uaang sibuk dengan banyak kreatifitas dimana mereka dapat menuangkan idenya untuk marketing.
Website, blog, dan jejaring sosial kini muali banyak diminati. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Dimana web itu lebih terpercaya untuk melakukan melakukan pemasaran, ketimbang blog dan facebook karena website dianggap lebih tidak praktis dan penggunanaya harus mengeluarkan biaya untung menghosting barang dagangannya. Dengan begitu maka agak mustahil jika mereka yang memasarkan barang dagangannya di website domain hanya sekedar tipu tipuan. Berbeda dengan facebook dan blog yang murah meriah bahkan gratis untuk melkakukannya.
Hanya dengan mendaftar dan mengkroscekkan dengan email pengguna maka setiap orang dapat mengakses facebook dengan segala klebihan dan fasilitasnya. Sebagian orang yang berjiwa bisnis mengerti akan adanya peluang yang bisa dimanfaatkan dari facebook. Disamping dapat menambah teman mereka juga menawarkan jasa perdagangan dengan cara meng-upload gambar gambar dari barang dagangan mereka di facebook dan juga disertai dengan contact person yang dapat dihubungi. On line shop yang biasa kita sebut sebagai toko didunia maya sangatlah menjamur. Dari perdagangan barang eloktronik, baju, bahkan jasa.
Para pangusaha kecil dengan modal yang sedikitpun dapat menikmati layaknya bos yang mempunyai toko sendiri. Dan memang ramai pembeli dengan omset yang lumayan juga, itulah yang membuat online shop seakan menjamur dan kian merebak. Mudah mencari calon konsumen karena mudah juga untuk menambah teman dan juga intensitas pemakaian facebook yang hampir sampai 1juta dalam setiap menitnya didunia yang mengakses jejaring sosial ini.
Lintas benua, negara, dan juga kebudayaan merupakan kelebihan dari online shop facebook ini. Seperti yang disebutkan dalam internasional Public Relations bahwa seorang praktisi PR juga harus mampu mencari strategi untuk dapat menembus batas dari antar negara dari kebudayaan, bahasa dan juga life stylenya. Dan juga dalam marketing Public Relations diamana kita harus dapat melihat sikon dalam strategi kita untuk menyebar luaskan atau mempublikasikan barang atau jasa yang akan kita tawarkan dengan nilai nilai dan trategi seorang Public Relations.
Bukan hanya itu, strategi bagi perusahaanpun dapat dilakukan didalam facebook. Perusahaan yang dapat melakukan hubungan dengan stakeholdernya dengan media facebook. Memberitakan atau mempublikasikan kegiatan kegiatan suatu perusahaan dengan memakai aplikasi “status” facebook yang dapat diakses dengan mudah dan ter up to date. Yang secara tidak langsung juga merupakan suatu publikasi yang akan menyebar luas. Company profil di halaman facebook yang disediakan pun cukup lengkap untuk menampung. Bahkan company profile dengan format audio visual pun dapat kita shared dengan mudah dalam facebook. Inilah suatu kemajuan jaman yang dengan mudahnya kita mampu melakukan suatu kegiatan formal suatu organisasi, perusahaan, dan home industri untuk maju dan berkembang.
Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membuat semua terasa lebih mudah. Bentuk pemasaran ataupun merketing dan juga bahkan publikasi perusahaan bisa sangat mudahnya menembus batas dari setiap masyarakat.
Namun perlu diingat bahwa dalam setiap kelebihan tentunya ada kekurangan juga. Bahwa kepercayaan kadang kurang dalam bisnis online di facebook karena adanya oknum oknum yang membuat suatu akun palsu untuk menipu. Ini membuat citra yang kurang baik dari pengguna facebook terhadap online shop di facebook. Dan kekurangan antara lain adalah ketidak sesuaian kualitas terhadap iklan yang dilampirkan dalam profil facebook. Dan juga dalam proses pembayaran yang lumayan ribet karena harus menransfer dan juga menunggu kiriman yang memerlukan waktu untuk menunggu, belum lagi bila pengiriman yang dilakukan terdapat cacat, yaitu dalam kesalahan pengiriman atas dasar ketidak teletian pihak biro pengiriman.
Namun itu hanya sebagian kecil dimana kekurangan online shop facebook biasa terjadi. Faktanya banyak sekali yang meraup untung dan juga brand baru bahkan popularitas dari online shop facebook. Disini jelas terasa bahwa facebook telah menjadi suatu lifestyle dan juga manajemen baru untuk strategi marketing dari berbagai perusahaan, organisasi, maupun individu home industri. Banyak perubahan yang terjadi dari facebook dan telah menciptakan jejaring sosial yang lain yang sama populernya seperti my space dan twitter. Namun tetap saja facebook menjadi seuatu pilihan alternatif bagi para mareketing untuk menjajakan berbagai barang dan jasa.


DAFTAR PUSTAKA
• Edwi Arif Sosiawan, perkuliahan Perkembangan teknologi Komunikasi
• Puji Lestari, perkuliahan Marketing Public Relations
• Christina Rochayati, perkuliahan Internasional Public relations
• Alfons Tanujaya, Strategi Public relations, 2000, jakarta
• Christina Rochayati, bahan ajar, Aktifitas Public Relations

 

©2009 DUNIA DALAM TEKNOLOGI | Template Blue by TNB